Random Posts

Column Right

Sate Gogos Pokea

Sate Gogos Pokea, satenya orang Sulawesi Tenggara



Sate Gogos Pokea adalah sate yang terbuat dari bahan dasar kerang. Nama Pokea sendiri adalah nama lokal unutk kerang bagi orang Sulawesi Tenggara. Biasanya pada pembuatan sae kerang tidak menggunakan bumbu apapun, hanya direbus lalu ditusuk menggunakan bambu dan kadang dibuat bumbu bacem manis. Namun pada Sate Gogos Pokea, beda lagi, Sate Pokea memakai bumbu dan rasanya agak pedas dimulut. Pokea sendiri adalah nama kerang air tawar bagi masyarakat kendari. Sate Pokea terdiri dari daging kerang, dan diberi bumbu pedas manis, Umumnya disajikan dengan Lemper tanpa isi yang  dibakar dan biasa dikenal dengan nama Gogos.

Penasaran kan? Nah, kali ini saya mo bagiin resep Sate Gogos Pokea bagi anda yang ingin mencobanya dirumah. Yuk! simak resepnya!

Bahan
  • 500 gr kerang air tawar/ kerang hijau

 Bumbu Kacang Sate Gogos Pokea
  • 300 ml kaldu kerang
  • 200 gr kacang tanah goreng
  • 5 sendok makan Sambal terasi
  • 3 sendok makan kecap piring lombok
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 buah jeruk limo

Cara Membuat 

  1. Rebus air hingga mendidih, masukan kerang lalu masak hingga kerang akan membuka secara otomatis, agar kerang matang secara merata segera keluarkan kerang dari cangkangnya. Biarkan sebentar dalam rebusan air.
  2. Angkat kerang lalu tusuk dalam tusukan sate, satu tusuk kurang lebih 5-6 buah kerang kemudian letakan dalam piring saji.
  3. Bumbu kacang : Campurkan kacang tanah dan juga sambal terasi, masak diatas api dengan ditambahkan air kaldu sisa perebusan kerang, masukan kecap piring lombok, gula merah, dan masak hingga bumbu mengental. Angkat jika dirasa sudah matang.
  4. Penyajian : Siramkan bumbu kacang di atas sate gogos pokea dan sajikan.

Cara membuatnya agak-agak sulit guys, tapi tenang aja kalo temen-temen yakin, pasti hasilnya bakalan uenak tenan! Selamat mencoba, Food Lovers!
Sate Gogos Pokea Sate Gogos Pokea Reviewed by Unknown on 19.01 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.